Trisula Desak Bupati Mura Copot Plt Kadisdik Irwan Efendi

0 73
Spread the love

MUSI RAWAS – SRD.net

Plt. Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan Irwan Efendi pucat pasi saat berhadapan dengan massa aksi koalisi Trisula yang menuntut pertanggungjawaban atas dugaan pungutan liar yang dilakukan oleh Rifa’i selaku PPTK kepada 283 Kepala Sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) dan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dalam orasinya, kordinator Aksi Efendi Pucuk mendesak dan menuntut agar Bupati Musi Rawas mencopot Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari jabatannya karena mengetahui dan terlibat dalam pungutan liar tersebut. LSM koalisi Trisula juga mendesak agar pihak Aparat Penegak Hukum (APH) segera mengambil alih kasus tersebut dari pihak Inspektorat.

“Kami minta kepada Bupati Mura H. Hendra Gunawan mencopot Irwan Efendi dari jabatannya selaku Plt. Kadis Pendidikan dan pihak APH segera mengusut kasus pungli oknum Diknas,” desak nya.

Terkait tuduhan pungutan liar, dalam keterangan pers nya Irwan Efendi mengatakan bahwa kegiatan sudah berdasar surat edaran. Disaat kegiatan akan dilaksanakan, anggaran dari APBD tidak menvukupi.

“Agar kegiatan tetap terlaksana maka ada 3 opsi yang kita tawarkan. Akhirnya semua setuju dengan opsi kedua yakni kesepakatan kesanggupan menambah biaya tersebut,” terang Irwan Efendi.

Irwan Efendi juga siap menjalani proses hukum jika opsi kesepakatan ini melanggar ketentuan.

“Saya siap menjalani proses hukum jika ini dianggap melanggar aturan,” jelas Irwan.

Selasa (26/3/2019).

Adapun yang disampaikan LSM koalisi, Andy Lala di depan Kantor Inspektorat mendesak pengak hukum agar menindak lanjuti atas adanya laporan pungutan liar yang terjadi beberapa waktu ini.

“Inspektorat agar bertindak tegas atas adanya laporan pungli dari masyarakat, segera tindaklanjuti jika tidak ditemukan kesalahan sampaikan kepada publik,” teriak Andy

“Anehnya berita sudah booming sampai saat ini tidak ada tindaklanjut,” cibir Andy.

Lanjutnya, Inspektorat selau beralibi kasus masih di proses. Sementara miliaran rupiah yang rakyat berikan setiap tahunnya untuk memberikan tunjangan kepada APIP.

“Semestinya APIP profesioal dalm menyelesaikan laporan yang masuk. Mereka setipa tahunnya mendapat tunjangan untuk tenaga pengawasan,” tegas Andy. (AC)

Bagikan :
Kategori: Kabar DaerahTag:
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Trisula Desak Bupati Mura Copot Plt Kadisdik Irwan Efendi"