Tingkatkan Sitem Dan Mutu Pendidikan Disdik Muratara Terapkan SPO

Mei 25, 2019
Spread the love

Suararakyatdaerah.net – Musi Rawas Utara

Infotrial – Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara pada tahun 2019 ini telah menerapkan Sistem Presensi Online di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama negeri dan swasta se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratar). Sistem Presensi (kehadiran) Online ini sudah diberlakukan sejak Rabu (2/1/2019) lalu di 148 SD dan SMP. Kamis (2/5).

Kepala Dinas Pendidikan  Sukamto melalui Kepala Bidang Dikdasmen, Abdul Kadir, menyampaikan peluncuran Sistem Presensi Online (SPO) sudah berlaku di 148 sekolah yakni 123 untuk SD Negeri, 2 SD Swasta, 23 SMP Negeri dan 6 SMP Swasta di Muratara. SPO ini berlaku untuk peserta didik dan guru di sekolahan masing masing.

Menurut A Kadir, awalnya SPO diterapkan di lingkungan Dinas Pendidikan sendiri. Kemudian berjalannya waktu sistem SPO ini disosialisasikan ke sekolah-sekolah dan saat ini sudah diterapkan oleh masing-masing sekolah.

“Presensi online sudah kita berlakukan sejak Rabu (2/1/2019). Kemudian di sosialisasikan pada Desember 2018 dan di 2019 ini sudah di terapkan,” katanya.

Lanjutnya,  sistem presensi online ini mengacu pada Peraturan Kementerian yang mengharuskan setiap sekolah menggunakan presensi online. Penerapan sistem ini dalam upaya meningkatkan kedisiplinan bagi peserta didik maupun guru itu sendiri.

“SPO yang Dinas Pendidikan terapkan ini merupakan bentuk pencegahan untuk menghindari siswa maupun guru yang bolos pada jam kerja atau jam sekolah. Dengan sistem SPO jangan coba-coba mengakli, pasti ketahuan”, ujar A Kadir meyakinkan. (AC)

Bagikan :