Taufik: Sekolah Ambruk Minimnya Perhatian Pemkab Mura

0 385
Spread the love

Musirawas – Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas Firdaus Cik Olah tinjau kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tambangan di Kecamatan BTS ULU yang ambruk. Ambruknya SDN Tambangan diakibatkan kurangnya perhatian Pemkab Mura terhadap kondisi bangunan tersebut.

Selain lokasi bangunan berada di bibir sungai, SDN Tambangan tidak memiliki pembatas atau pagar sekolah, ini menyebabkan kekhawatiran dan sangat riskan bagi anak-anak sekolah yang bermain itu jatuh ke sungai Musi.

Menurut Firdaus Cik Olah, kondisi sekolah yang ambruk ini sudah disampaikan kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

“kondisi ambruknya SDN Tambangan sudah kami sampaikan dan meminta pihak Disdik Mura agar cepat membangun ruangan tersebut,” katanya.

Lanjut Firdaus, kita juga meminta pihak Disdik Mura untuk merelokasi bangunan ketempat yang lebih aman jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan untuk direlokasi maka harus dibangun pagar sekolah sebagai pembatas sekolah dengan aliran Sungai Musi. Kita juga meminta agar Pemkab Mura memperhatikan bangunan-bangunan sekolah lainnya yang ada di Musi Rawas.

“kalau bangunannya tidak bisa direlokasi ketempat yang lebih aman, harus ada pagar pembatas agar anak-anak yang bersekolah tidak terjatuh dan hanyut di bawa oleh aliran sungai Musi,” pintanya.

Sementara aktivis pemerhati kebijakan dan APBD Kab Mura, Taufik Gonda menilai, pendidikan selayaknya menjadi prioritas utama Pemkab Mura dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kualitas pendidikan yang baik akan mampu mengantarkan sukses dalam pembangunan di berbagai bidang.

Pendidikan yang berkualitas, akan memiliki bibit-bibit baru yang sehat serta berkompeten. Sayangnya, visi misi Bupati Musi Rawas tidak secara implisit untuk mewujudkan itu. “MURA SEMPURNA (Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman, dan Aman)”

Menurut Taufik, berdasarkan kajian ada beberapa faktor penyebab kegagalan guna mewujudkan pendidikan yang merata. Salah Satu misi Kabupaten Mura pada poin 1 menjanjikan memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur, sebut Taufik.

Sebagai putra daerah diwilayah tersebut, Taufik menilai ambruknya bangunan SDN Tambangan disebabkan beberapa faktor

“Minimnya perhatian Pemkab untuk desa pelosok, salah dalam penilaian kualitas SDM, kurangnya sinkronisasi dan minim nya Pemkab memfasilitasi pendidikan di Mura. Menurut saya ini penyebab nya. Sudahlah nanti kita bahas kembali “cape deh” tutup Taufik tersenyum penuh canda. (Camiel)

Bagikan :
Kategori: Kabar Daerah
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Taufik: Sekolah Ambruk Minimnya Perhatian Pemkab Mura"