Tambah Satu Intake, Kebutuhan Air Bersih Kota Lubuklinggau Terpenuhi

Spread the love

Lubuklinggau – Srd.net

Walikota Lubuklinggau HSN Prana Putra Sohe bersama rombongan dari Negara Hongaria tinjau lokasi pembangunan Intake yang berlokasi di Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Barat I pada Jum”at 14/12/2018 lalu. Intake berkapasitas untuk 200 Kepala Keluarga (KK) akan di distribusikan bagi 75 KK dan setelah selesai pembangunannya akan diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau. Minggu (16/12).

 

Menurut HSN Prana Putra Sohe, bantuan Intake dari Hongaria melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Imdonesia (Kemen PUPR RI) masih dalam proses pembangunan dan setelah selesai pengerjaannya akan diserahkan kepada Pemerintah Kota khususnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bukit Sulap Kota Lubuklinggau.

 

Saat meninjau lokasi pembangunan Walikota mengungkapkan, bantuan Intake didapat langsung dari Negara Hongaria dan setelah selesai pembangunannya akan diserahkan kepada Kota Lubuklinggau.

”Intake ini akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Lubuklinggau, Khusunya PDAM setelah selesai semua proses pengerjaannya,” Katanya.

Lanjut Walikota, Intake ini hanya memiliki kapasitas untuk 200 Kepala Keluarga dan di distribusikan sementara untuk 75 KK. Kedepan nya akan ditingkatkan kembali kapasitasnya untuk 2000 KK. Selain itu, pemerintah sudah menempatkan 10 petugas PDAM yang melaksanakan uji pelatihan penggalian teknologi dari pengelola pembangunan proyek intake.

 

“Sementara ini, pengoperasian distribusi Intake hanya mencakup wilayah Batu Urip, Siring Agung dan Jogoboyo saja”, ungkapnya.

 

Sambung Walikota, bantuan pembangunan intake melalaui kementerian itu sendiri tersebar di 36 titik Se-Indonesia dan 8 wilayah sudah selesai termasuk Kota Lubuklinggau. Untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) bantuan pembangunan Intake dari hongaria diantaranya Prabumulih dan Rupit.

 

 

 

 

 

 

 

 

“Untuk Kota Lubuklinggau pembangunan intake sudah selesai dikarenakan tidak mengalami kendala baik itu permasalahan lahan maupun permasalahan lainnya,” terangnya.

 

Selanjutnya dikatakan Walikota, kedepan Dia berharap ada tambahan satu Intek lagi untuk wilayah Bukit Sulap, sehingga di tahun 2019 tidak ada lagi persoalan air di PDAM. Apalagi saat ini jumlah pelanggan PDAM pusat yang ada di Kelurahan Kayu Ara semakin bertambah jumlah pelanggannya.

 

“Intake yang telah ada saat ini seperti Intake Batu Urip, Petanang, IKK Jukung dan Kupang, jika ditambah satu lagi Intake di wilayah Bukit Sulap dan dibantu PDAM Lubuklinggau maka kebutuhan air Kota Lubuklinggau untu masa 5 sampai 10 tahun kedepan akan terpenuhi,” tutup nya. (Camiel)

Bagikan :
Kategori: Uncategorized
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tambah Satu Intake, Kebutuhan Air Bersih Kota Lubuklinggau Terpenuhi"