SEKOLAH BERLOMBA LOMBA LAKUKAN PUNGUTAN DAN UNBK TANGGUNG JAWAB SIAPA?

April 24, 2018
Spread the love

www.srd.net- Lubuklinggau – Dalam hitungan jam lagi, pelaksanaan UNBK SMP/MTs akan dilaksanakan. diseluruh Wilayah NKRI ini. dengan jadwal yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. siswa dibagi kepada Tiga Seep. di mulai tanggal 2 Mei Mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3 Mei Mata Pelajaran MAtematika, 4 Mei Bahasa Inggris, terahir pada tanggal 8 mei IPA untuk.

Setiap kita tentunya berharap bahwa pelaksanaan UNBK khususnya berjalan dengan Sukses, tanpa ada kendala yang berarti. didukung oleh segenap kekuatan untuk bersama mensukseskan pelaksanaan UNBK SMP ini. mulai dari Pimpinan daerah, Kadis Pendidikan Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan masyarakat. harus bekerja sama dalam mewujudkan kesuksesan UNBK ini.

Apabila kita klasifikasikan akan ada tantangan yang akan dihadapi dalam melaksanakan UNBK ini. baik di tinjau dari Internal, maunpun Eksternal6
1. Internal
yang bertanggung jawab dalam hal ini tentunya bukan saja Sekolah, Kepala Sekolah, Atau guru-guru. meskipun penanggung jawab pelaksanaan dilimpahkan kepada mereka. keterbukaan, komunikasi, adalah kunci utama dalam pelaksanaan kesuksesan ini. jika Kepala Sekolah cenderung tertutup, cenderung menagmbil keputasan sendiri bisa kita pastikan Pelaksanaan UNBK tidak akan Berjalan Maksimal. dikarenakan guru-guru juga memiliki kedekatan psikologis dengan peserta didik yang ikut melaksanakan UNBK.

Kendala Utama ada pada Pihak sekolah yang tidak transfaran dalam penyelanggaraannya. artinya tidak melibatkan Segenap potensi yang ada dalam Sekolah adalah satu kemunduran dalam dunia pendidikan timwork. kesiapan ujian bukan saja di ukur dari sarana prasana yang ada. namun lebih jauh dari itu adalah pembinaan Mental psikologi anak-anak yang menjadi objek UNBK. ketika psikologi mereka terbebani, maka secara otomatis kesiapan mereka menjawab setiap soal dalam ujian akan semakin sulit.

Disinilah peran seorang kepala sekolah bukan saja sebagai Leader (Pemimpin), tapi sekaligus sebagi motivator untuk para Guru, dan terlebih bagi peserta didik. untuk secara bersama-sama membangun mental psikologi Guru dan peserta didik. seberapa besarpun kesiapan sarana dan prasarana, jika tidak dibarengi dengan kesiapan metal psikologi siswa dan Guru alamat akan berantakan pelaksanaan UNBK.
2. Eksternal
faktor eksternal ini bisa kita lihat dari berbagai sudut.
a. Listrik
UNBK tentunya tidak bisa terlepas dari listrik. tidak akan berguna latop. pc dengan tipe tertinggi sekalipun tanpa ada aliran listrik, bagaimana jika listrik tiba-tiba padam? soal ini tentunya bukan lagi soal urusan Guru dan siswa. ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang kepala Sekolah, Dinas Pendidikan.

b. Sinyal
Sinyal atau jaringan Internet adalah komponen lain dalam pelaksanaan UNBK, meski Listrik Bagus, Mental Siap jika Jaringan Internet tidak tersedia alamat akan sia-sia segala usaha yang telah dilakukan. jika menggunakan jaringan Kabel tentunya ini tidak terlalu menjadi kendala. namun akan menjadi soal jika jaringan Internet yang digunakan lewat GSM, jaringan Seluler. Telkomsel, Indosat dll. di butuhkan hubungan yang baik dari sekolah (kepala Sekolah) dengan pemilik provaider jaringan GSM.

Disinilah tanggung jawab itu dibagi secara proporsional dan profesional. Kepala sekolah bukan sebatas Leader saja, apalagi berjiwa BOS!!! alamat akan amburadul pelaksanaan UNBK. Dinas pendidikan juga harus bekerja sama dengan Pihak Sekolah karena tentunya ada tugas yang tidak bisa ditangani oleh sekolah, seperti misalnya soal jaringan GSM celuler. PEMDA dalam hal ini bisa meminta salah satu pemilik perusahaan untuk mengotimalkan jaringan seluler tersebut.(srd.doc)

Bagikan :