Rosa; Tidak Mungkin Rifa’i Menginisiasi Pungli

0 36
Spread the love

Musi Rawas – SRD.net

Merasa dikaitkan terlibat langsung pada kegiatan diklat penguatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Rawas di Hotel Hakmaz Lubuklinggau. Rosa membantah dan akan melakukan somasi jika ada yang menyebutnya ikut andil langsung pada kegiatan tersebut. Senin (25/3).

Rosa mengakui ada kordinasi dirinya dengan Rifa’i selaku PPTK kegiatan, tetapi sifatnya hanya kordinasi. Disamping itu, Dia juga mengeluhkan, dikeluarkan kan dirinya dari Disdik dengan alasan yang tidak jelas (penyegaran).

“Kalau kordinasi saya akui ada, kordinasi itu sifatnya hanya berbagi jalan. Namun satu sisi, saya sudah dikeluarkan dari dinas tersebut tanpa alasan yang jelas,” keluh Rosa.

Terang Rosa, Rifa’i itu PPTK baru dan tidak mengerti teknis. Dia minta bantuan saya karena ada item-item kegiatan yang tidak terkordinir sementara anggarannya tidak cukup. Rifa’i minta kepada saya untuk berbagi pengalaman sebab pada tahun 2016-2017 saya adalah PPTK pada kegiatan penguatan Kepala Sekolah.

“Saya tersinggung jika dikaitkan terlibat langsung, seolah-olah karena tidak di Diknas lagi saya tidak ada job,” tegas Rosa.

Dikatan Rosa, dari berita yang beredar menyebutkan ada pungutan sebesar 3 juta dilakukan pihak Diknas. Dia menilai itu wajar karena saat ini ada sistem e-budgeting. RKA/DIPA pada waktu itu peninggalan saya dan berbeda dengan anggaran kegiatan. Ada sekenario yang saya buat pada waktu itu tidak semuanya tertuang dan berdampak pada perjanjian kerja sama pada pihak lembaga pelatihan karena mereka juga punya RAB kegiatan yang harus dipenuhi.

Menurut Rosa, diceritakan Rifa’i kepada dirinya hanya 236 Kepala Sekolah yang ikut diklat dan pungutan dilakukan berdasar kesepakatan. “Tidak mungkin itu inisiasi Rifa’i sendiri, itu lancang namanya, pasti ada rapat dan itu diketahui Kepala Dinas”, ujar Rosa.

Tambah nya, kegiatan diklat tersebut berdasar surat edaran Permendikbud untuk setiap Kepala Sekolah harus sudah bersertifikasi (memiliki sertifikat). Jika tidak memiliki sertifikat akan berdampak pada kegiatan lainnya seperti terhambatnya pencairan BOS. Ternyata ada juga orang Diknas yang tidak tahu edaran Permendikbud.

“Saya kaget jika ada pernyataan seorang Kabid yang mengatakan tidak ada pengaruhnya dengan pencairan BOS. Berarti Kabid tersebut tidak mengerti dan tidak paham Permendikbud,” sindir Rosa.

Kembali Rosa menegaskan, dirinya tidak mau melontarkan statement kalau tidak akurat, seperti yang di lakukan Kabid dan Kasubag Kepegawaian yang tidak paham Permendikbud. Dan kembali Dia tegaskan bahwa dirinya tidak terlibat langsung pada kegiatan tersebut.

“Jika ada yang mengatakan saya terlibat pada kegiatan diklat penguatan Kepala Sekolah di Hotel Hakmaz, maka orang tersebut akan saya tuntut,” ancam Risa (AC)

Bagikan :
Kategori: Kabar DaerahTag:
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rosa; Tidak Mungkin Rifa’i Menginisiasi Pungli"