Pungli Disdik, Peran Inspektorat Mura Dipertanyan

0 18
Spread the love

ilustrasi net

MUSI RAWAS – SRD.net

Tidak hanya pungli Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang memperburuk citra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Rawas, kembali beredar informasi pihak luar yang ikut memuluskan kegiatan diklat yang dilaksanakan di Hotdl Hakmaz Kota Lubuklinggau tersebut. Selasa (19/3).

Informasi yang didapat ada keterlibatan mantan Pegawai Disdik Musi Rawas yang ikut andil memuluskan suksesnya kegiatan diklat penguatan Kepala Sekolah. “Kegiatan dilaksankan selama 8 Minggu, negoisasi administrasi kontrak acara di Hotel, Rosa ikut mengetahui sebab berada disana‚Ķ.”Tanya ke Inspektorat, saya sudah dipanggil untuk diklarifikasi,” katanya

Diklat Penguatan Kepala Sekolah di ikuti 282 peserta menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, lebih kurang sebesar Rp 738 juta. Dengan alasan anggaran sebesar 738 juta tidak mencukupi, oknum pegawai Diknas Rifa’i mengakui memungut uang 3 juta kepada setiap peserta diklat hanya menjalankan tugas.

Sementara alasan Kepala Disdik Irwan Evendi menjelaskan sebelum mengambil keputusan ada 3 opsi yang ditawarkan karena anggaran kegiatan 738 setelah MOU denga pihak LPPKS tidak mencukupi. Akhirnya opsi ke dua diambil melaui pungutan kepada peserta diklat sebesar 3 juta.

Boomingnya berita pungli di Disdik saat diminta tanggapannya Kepala Inspektorat Alek Akbar melalui pesan Whats App tidak ada jawaban.

Begitu juga dengan anggota Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kabupaten Musi Rawas yang membidangi bidang pendidikan tidak dapat ditemui di ruangannya karena sedang Dinas Luar (DL), ujar staf yang berjaga.

Bupati H. Hendra Gunawan dan Wakil Bupati Hj. Suwarti selalu istruksikan dalam setiap kesempatan agar hati-hati, sekecil apa pun bila terbukti pungli maka sudah disiapkan hukumannya “suratnya sudah di sosialisasikan kepada masing-masing SKPD dalam setiap rapat. (AC)

Bagikan :
Kategori: Kabar DaerahTag:
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pungli Disdik, Peran Inspektorat Mura Dipertanyan"