Pungli Dsdik Mura “Rifa’i Pasang Badan”

0 18
Spread the love

Musi Rawas, SRD.net Pungli kegiatan Diklat Penguat Kepala Sekolah tahun 2019 di Kabupaten Musi Rawas mulai terkuak. Pungutan Liar (pungli) sebesar 3 juta/orang dari 300 Kepala Sekolah (Kepsek) yang dilaksanakan di hotel Hakmaz Kota Lubuklinggau di akui atas inisiatip sendiri oleh Rifa’i. Jumat (15/3).

Dikatakan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah “Kalau sudah ada sinergi antara APIP-APH, adanya pengaduan masyarakat sekecil apaun segera untuk respons, telaah dulu. Kalau ada bukti bisa diproses segera,” kata dia.

Menurut Rifa’i, Selaku Kepala Bidang (Kabid) sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) bahwa dirinya siap menghadapi proses hukum jika pungutan yang dilakukan menyalahi aturan atau salah “siap dipenjara”.

Besaran pungutan itu atas kesepakatan bersama Kepsek, dana yang sudah terkumpul dikelolah oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), “Pemungutan itu, atas ide atau Inisiatip saya sendiri,” akui Rifai.

Menyikapi persoalan pungli oleh oknum di Disdik Mura, Alex Akbar selaku Kepala Inspektorat, saat di mintai tanggapannya tidak mau berkomentar banyak.

“Saya belum bisa menanggapi karena belum ada laporan dan konfirmasi dari yang bersangkutan (Rifa’i),” ungkap Alex melalui pesan Whats App.

Sementara menurut pengamatan TFG, dengan beredarnya pemberitaan pungli di Disdik Musi Rawas dan sudah diakui oleh Rifa’i, “seolah-olah dia (Rifa’i) siap pasang badan.

“Semestinya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai instansi pemerintah yang dibentuk dengan tugas melaksanakan pengawasan intern (audit intern) di lingkungan pemerintah Kabupaten Musi Rawas, segera mengambil langkah dan menindaklanjuti temuan ini,” pinta TFG.

TFG juga menyarankan, APIP hendaknya jemput bola segera ditindaklanjuti, tidak harus menunggu laporan. Apalagi Kepala Inspektorat adalah bagian dari Satgas Saber Pungli. (AC)

Bagikan :
Kategori: Kabar DaerahTag:
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pungli Dsdik Mura “Rifa’i Pasang Badan”"