PT. CLBB Protes, DPMPTSP Mura Segel Bangunan Perkebunan

0 207
Spread the love

SRD.NET – Musi Rawas –

Pemerintah Kabupaten Musirawas-Sumatera Selatan, melalui DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) menyegel bangunan dilokasi kebun PT. Citraloka Bumi Begawan (CLBB) Desa Semangus Kecamatan Muara Lakitan karena tidak mengantongi surat izin mendirikan bangunan (IMB). Kamis (8/11).

Atas penyegelan sepihak tersebut, pihak PT. CLBB melayangkan surat sanggahan kepada DPMPTSP terhadap penyegelan bangunan yang berlokasi di perkebunan PT. CLBB yang sedang melakukan kepengurusan surat izin mendirikan bangunan.

Dari data yang dihimpun, kronologis penyegelan yang dilakukan DPMPTSP berawal dari tanggal 15/12/2017 PT. CLBB mendapat surat pemberitahuan (SP) dari DPMPTSP Kab. MURA habisnya masa berlaku izin lokasi dan melegalisasikan infrastruktur yang belum memiliki IMB.

Selanjutnya pihak PT .CLBB mengirimkan surat jawaban yang isinya beritikat baik, kemudian mengutus staf legal menemui Kabid Perizinan dan Non Perizinan DPMPTSP Mei Juanda. Hasil pertemuan pihak PT. CLBB akan melakukan kepengurusan surat-surat tersebut.

19/9/2018 PT. CLBB mengajuka surat permohonan mendirikan bangunan. Tanggal 21/9/2018 PT. CLBB menerima SP dari DPMPTSP, kembali pihak PT mengutus seorang staf untuk menemui Mei Juanda. Hasil pertemuan tersebut Mei Juanda menyarankan biro jasa yang ia tunjuk untuk mengurus surat IMB.

Pihak PT sangat berkeberatan dengan biaya yang harus dikeluarkan terlalu besar. PT berniat mengurus sendiri surat IMB. Pada proses pengurusan 31/10/2018 DPMPTSP memberitahukan ada beberapa persyaratan yang kurang dan harus ditandatangani Camat dan Kades. Saat proses diupayakan DPMPTSP kembali mengeluarkan SP yang ke II 05/11/2018.

Rabu 07/11/2018 pihak Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (DPMPTSP), Kabid Perizinan dan Non Perizinan dan 4 orang staf bersama 6 anggota dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) mendatangi kantor Estate dan melakukan penyegelan terhadap bangunan kebun tanpa surat perintah penyegelan. Penyegelan hanya berdasar Surat Peringatan yang telah dikeluarkanĀ DPMPTSP.

Atas penyegelan sepihak ini membuat pihak PT. CLBB merasa dirugikan dan melakukan tindakan protes melalui surat sanggahannya. Jika permasalahan ini tidak ada solusi maka PT. CLBB akan melakukan upaya lainnya agar ada solusi terbaik dari Pemkab Musi Rawas terutama dai pihak DPMPTSP untuk segera mencabut segel yang seolah-olah dipaksakan. (Camiel)

Bagikan :
Kategori: Uncategorized
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PT. CLBB Protes, DPMPTSP Mura Segel Bangunan Perkebunan"