Pemkot Lubuklinggau Terima Penghargaan Tertinggi Kategori Kota Peduli HAM

Spread the love

Lubuklinggau – Srd.net

Peringatan Hari Hak Azazi Manusia sedunia ke-70, Kementerian Hukum dan Ham berikan penghargaan kategori tertinggi Peduli HAM kepada Pemerintah Kota Lubuklinggau sebagai kota yang Peduli HAM. Penghargaan diterima langsung Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar di Kantor Kemenkum HAM Jakarta, Selasa (11/12/2018).

 

Pada Acara Kemenkum HAM yang bertema Sinergi Kerja Peduli Hak Asasi Manusia ini, keberangkatan Wawako ke Jakarta didampingi oleh Kabag Hukum, Hendri Hermani dan Kasubag Hukum, Arista Pranuri.

 

Dalam kesempatan itu Wawako Lubuklinggau menyampaikan syukur atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Lubuklinggau dengan kategori penghargaan tertinggi yakni kota Peduli HAM’. Ia berharap kedepan Pemkot Lubuklinggau lebih bersinergi lagi dalam mewujudkan Lubuklinggau yang Peduli HAM untuk semua kalangan.

 

Pidato Wakil Presiden, Jusuf Kalla, pada peringatan hari HAM se dunia yang ke 70 menerangkan Indonesia memiliki konstitusi yang dianggap sama dan setara mencakup dasar hak-hak manusia. Dalam hal penghargaan untuk semua kategori yang diberikan kepada Kab/Kota Peduli HAM untuk selalu menjaga hak konstitusional dan tidak diskriminatif.

 

“Saya mengapresiasi Kab/Kota yang menerima penghargaa Peduli HAM, banyak hak-hak konstitusi yang harus dijaga diantaranya mencakup hak di bidang pendidikan dan agama”, ujar Jusuf Kalla.

 

Menurutnya Jusuf Kalla, salah satu cara menjaga hak itu dengan toleransi yaitu menghindari intoleran yang menjadi faktor utama dalam pelanggaran. Dalam pelaksanaannya, hak dan kewajiban juga harus sesuai dengan hukum yang berlaku. “Jaga toleransi dan hindari tindakan diskriminatif”, himbaunya.

 

Sementara itu, pada Laporan Menkumham Yasona H Laoly, menjelaskan ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada Kab/kota untuk memotivasi perlindungan HAM. Penghargaan yang diberikan diantaranya penghargaan di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan perempuan dan anak dan kategori Kota Peduli HAM, Cukup Peduli dan Kurang Peduli sesuai dengan kinerja pemerintah daerah.

 

Sebanyak 201 Kota dan Kabupaten meraih penghargaan peduli HAM dan 75 diantaranya Cukup Peduli. Kemenkumham juga mengapresiasi terhadap pencapaian HAM hingga mencapai 75 persen. Kemenkumham juga berharap pada penerapan pelayanan publik berbasis HAM untuk terus ditingkatkan dan saat ini Kemekumham sendiri khususnya bagian pelayanan sudah menerapkan nilai-nilai dan norma HAM. (Camiel)

Bagikan :
Kategori: Uncategorized
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkot Lubuklinggau Terima Penghargaan Tertinggi Kategori Kota Peduli HAM"