Menuju Abad 21 Disdik Muratara Laksanakan Sosialisasi PMP

Mei 25, 2019
Spread the love

Suararakyatdaerah.net – Musi Rawas Utara

Infotrial – Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) di Empat kecamatan. PMP merupakan kegiatan wajib bagi Seluruh sekolah dan lembaga pendidikan sebagai indikator peningkatan mutu yang akan dijadikan acuan. Senin (15/4).

Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan di ikuti tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini telah diselenggarakan di Empat kecamatan yakni Kecamatan Rupit, Rawas Ilir, Karang Jaya dan Kecamatan Karang Dapo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara melalui Kabid Dikdas Abdul Kadir mengungkapkan Kegiatan Sosialisasi PMP, sudah dilaksanakan di SD Negeri Rantau Kadam Kecamatan Karang Dapo. Sosialisasi dihadiri langsung Kepala Disdik Muratara Hj Ratnawati MPd bersama Kepala Sekolah beserta operator sekolah.

“PMP merupakan kegiatan wajib bagi Seluruh sekolah dan lembaga pendidikan sebagai indikator peningkatan mutu pendidikan yang akan dijadikan acuan”, jelas Kadir.

Lanjut Dia, selama ini indikator peningkatan mutu pendidikan hanya berdasar raport sekolah sebagai tolak ukur tanpa adanya persentase. Saat ini ada Empat aspek yang menjadi tolak ukur yakni kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran.

Empat asfek kompetensi (4C) harus dimiliki generasi Muratara guna menghadapi tantangan abad 21. Tantangn itu meliputi “Critical Thinking (berpikir kritis), Collaboration (kemampuan bekerja sama dengan baik), Communication (berkomunikasi) dan Creativity (kreativitas)”, sebut Kadir.

Ke Empat asfek Peningkatan Mutu Pendidikan betkaitan erat dengan implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) seperti BOS Reguler, BOS Kinerja. Masing-masing BOS jumlah anggarannya bervariasi. Untuk tingkat SD sebesar Rp 50 juta pertahun, sedangkan tingkat SMP sebesar Rp 100 juta setahun.

“Berjalannya sosialisasi PMP ini diharapkan stakeholder terkait baik Kepala Sekolah dan operator benar benar menjalankan fungsinya secara tepat guna dalam mendongkrak mutu pendidikan di Kabuparen Musi Rawas Utara”, tutup nya. (AC)

Bagikan :