Kejari Peringati HKSI, Kasus Disdik Mura Belum Ada Kejutan

0 164
Spread the love

Lubuklinggau – Memperingati hari anti korupsi sedunia yang dilaksanakan Kejari Lubuklinggau beberapa waktu lalu, banyak masyarakat di wilayah Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara (MLM) mempertanyakan hasil kinerja Kejari Lubuklinggau yang di pimpin Kajari Lubuklinggau Hj Zairida SH,M.Hum.

Sebagian masyarakat, LSM, aktivis dan insan pers memandang pemberantasan korupsi di wilayah MLM belum begitu “greget” masi banyak kasus yang mandek dan belum ada kejelasan.

Salah satu kasus yang menjadi sorotan publik adalah kasus Dinas Pendidikan Musirawas. Sudah “bak sekapal pecah pejabat dan oknum dipanggil Kejari terkait kegiatan diklat penguatan Kepala Sekolah yang anggarannya dianggarkan APBD Mura, tercoreng adanya “dugaan pungutan sebesar 3 Juta kepada setiap Kepsek yang mengikuti diklat dilakukan oleh oknum pada kegiatan tersebut”.

Kasus ini kembali mencuat, masyarakat mempertanyakan keseriusan Kejari Lubuklinggau mengusut laporan masyarakat “kasus yang telah mencoreng dunia pendidikan Kabupaten Musirawas.

Release yang di keluarkan Kejari Lubuklinggau di anggau masyarakat belum ada kejutan, hanya mengulang release basi yang telah diketahui publik, sementara beberapa kasus yang menjadi sorotan publik di Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas hingga saat ini belum ada perkembangan “publik menanti keseriusan Kejari Lubuklinggau”

Kajari Lubuklinggau Hj Zairida SH,M.Hum kembali merekease bahwa untuk penangan tahap penyelidikan ada lima kasus, tahap penyidikan ada tiga kasus sedangkan tahap tuntutan ada dua kasus. Upaya hukum kasasi ada dua kali, perkara satu kali dengan dua perkara ingkrach.

Penanganan perkara tindak pidana  korupsi tahun 2019 yakni dugaan pungli kegiatan diklat penguatan kepala sekolah tingkat SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MUra tahun 2019  masih dalam proses permintaan keterangan.

Selain kasus Disdik Mura ada beberapa kasus lainnya seoerti kasus dugaan  tindak pidana korupsi pada kegiatan penyediaan makanan dan minuman harian petugas RSUD Rupit, belanja makanan dan minuman  pasien RSUD Rupit, kegiatan pemeliharaan rutin berkala perlengkapan  gedung kantor, kegiatan pengendalian alat-alat rumah sakit, kegiataan pengadaan obat-obat rumah sakit pada satker RSUD Muara Rupit Kabupaten Muratara tahun 2018 juga masih dalam proses permintaan keterangan.

Dugaan tindak pindana korupsi dalam kegiatan pembnagunan Puskesmas Nibung  Kabupaten Muratara yang di laksanakan oleh PT gunung Indah mas Lestari  dengan nilai kontrak sebesar Rp 4. 723.156,  yang bersumber  dari DAK tahun 2018 juga dalam proses permintaan keterangan.

Dugaan penyimpangan pembangunan intansi pengelolahan air limbah IPAL pada dinas kesehatan kabupaten muratara tahun 2017  dengan dana anggran Rp 650.000.000 dengan keterangan dalam proses permintaan keterangan

Dugan penyelewengan penggunaan dana desa  yang di lakukan kades harapan makmur, kecamatan muara lakitan, kabupaten musi rawas  tahun 2017 dan 2018. dengan keterangan dalam proses permintaan keterangan dan kasus lainnya.

Kemudian pada  penanganan perkara tindak pidana  korupsi tahap penyidikan tahun 2019 yakni dengan dua kasus dengan 4 laporan yakni  tiga laporan terhadap

Dugaan penyimpangan dalam kegiatan uji kompetensi pejabat struktural dan potensial dengan anggaran RP 900.000.000 pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan  Kabupaten Muratara tahun 2017 dengan tersangka yakni Riopaldi Okta Yudha bin ali sadikin dan Hemanto bin Muhammad dengan proses dalam permintan keterangan saksi.

Kemudian satu laporan tentang dugaan tindak pidana korupsi pada program optimalisasi pemanfaatan teknologi kepada publik dalam kegiatan  penyebaran luasan inpormasi pada publik satuan kerja Sekda Kabupaten Muratara tahun 2016 dengan proses dalam permintan keterangan saksi.

Kemudian penanganan perkaran pidana korupsi tahap data penuntutan  yang berjumlah lima perkara yakni dugaan tindak pidana korupsi atas pengelolahan program pendirian  Akademi Komunitas Negeri AKN pada Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara. (Camiel)

Bagikan :
Kategori: Kabar Daerah
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kejari Peringati HKSI, Kasus Disdik Mura Belum Ada Kejutan"