Camat Lakitan Bersama Media Online Sharing Bareng Jalin Sinergisitas

Spread the love

Musi Rawas – SRD.net

Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas dalam waktu dekat ini akan menjadi projek percontohan keberhasilan pembangunan terdepan di Kabupaten Musi Rawas. Camat Freewan Novio, S.stp didampingi tokoh muda Kecamatan Muara Lakitan Efran Heryadi kumpul bareng media online di Laraso Coffe Kota Lubuklinggau guna menjalin sinergisitas dalam rangka mewujudkan perkembangan Kabupaten Musi Rawas kedepan khususnya Kecamatan Muara Lakitan. Sabtu (30/3).

 

Berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi Kabupaten Musi Rawas pada saat ini, dibanyak kesempatan pemerintah selalu menggaungkan semangat AK 5 (Ayo kerja,kerja,kerja, kerja dan kerja) agar aparat sipil negara (ASN) dan masyarakat ikut terlibat memberikan karya terbaiknya dalam membangun Kabupaten Musi Rawas Sempurna.

 

Bersama awak media online yang bertugas di Musi Rawas, Camat Freewan Novio, S.stp dan tokoh muda Ansyor, Efran Heryadi mencoba menginisiasi diskusi kecil (sharing), memastikan menjalin sinergisitas bersama awak media online dapat terwujud karena ini berkaitan pada kegiatan pembangunan Kecamatan Muara Lakitan kedepan.

 

Dalam pembukanya, Freewan Novio, S.stp mengajak rekan media online untuk menjalin kerja sama yang berkesinambungan guna mewujudkan ke inginannya menjadikan Kecamatan Muara Lakitan bebas zona merah narkoba dan menjadi Kecamatan terdepan di Kabupaten Musi Rawas.

 

“Selaku tokoh muda dan juga camat, saya berharap media online dapat membantu kami memberi masukan dan solusi dalam membangun Kecamatan Muara Lakitan kearah yang kita harapkan yani menjadi Kecamatan Terdepan diwilayah MusiĀ  Rawas ini”, pinta Frewan.

 

Menurut Frewan, Kecamatan Muara Lakitan memiliki 20 Desa plus 1 Kelurahan yang perlu sentuhan dan branding dari teman-teman media online. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik bersama media, diharapkan nama Kecamatan Muara Lakitan ini dapat lebih dikenal diluar Musi Rawas dan merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan jika orang dari luar ingin berkunjung ke Musi Rawas.

 

Frewan menganggap pentingnya menjalin sinergisitas suatu daerah dengan para awak media, karena tanpa media untuk mempromosikan suatu daerah itu menjadi terkendala. Contohnya yang menjadi sorotan yakni para Kepala Desa (Kades).

 

Kades saat ini memiliki anggaran yang besar tetapi SDM perangkat pengelola keuangan desa masih banyak yang belum mumpuni dalam mengelola anggaran desa tersebut untuk diarahkan menjadi rantai ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat desa.

 

“Kami dari kecamatan dan desa di Kecamatan Muara Lakitan ini berharap peran serta media membantu menemukan formula terbaik dalam mewujudkan hal tersebut. Dengan menjalin sinergisitas bersama diharapkan media dapat lebih berperan inten mempromosikan pembangunan di Kecamatan Muara Lakitan sekaligus pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah Musi Rawas khususnya “, harap Frewan.

 

Sementara sebagai tokoh pemuda, Efran Heryadi mengungkapkan, saat ini dirinya banyak membaca pemberitaan negatif yang diangkat oleh media online. Dengan banyaknya berita negatif ini lambat laun akan menggerus keberhasilan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

 

“Saya melihat ada komunikasi yang tersumbat antara media dan Pemerintah Mura dewasa ini, khususnya dari media online karena banyak memuat berita-berita negatif,” sampai Efran.

 

Kehobian saya menulis dan membaca biasanya saya tuangkan ke media online karena prosesnya lebih cepat dan sudah dapat dibaca oleh masyarakat. Selaku tokoh muda Efran memandang dengan banyaknya pemberitaan negatif di Musi Rawas, berarti ada komunikasi yang tidak jalan atau tersumbat. Sebagai tokoh muda dirinya merasa memiliki tanggungjawab moral untuk memecah ketersumbatan komunikasi ini.

 

“Saya dan pak Camat Muara Lakitan ini sering berdiskusi dan tukar pikiran, dari hasil diskusi, kami mencoba untuk menginisiasi atau sharing bareng media dalam mencari formula yang tepat untuk mewujudkan pencapaian pembangunan dan visi misi pemerintah terkhusus diwilayah Kecamatan Muara Lakitan”, ungkap Efran.

 

Alhasil kami berdua mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media online yang menyambut baik tawaran kami ini. “Disini kami sangat merasakan ke akraban dan menambah diskusi ini lebih hidup tidak seperti prasangka yang berkembang diluar sana”, tutup Efran.

 

Sementara kesimpulan dari pihak media mengingatkan pemerintah, bahwa dalam rangka pembangunan daerah tentu banyak melibatkan berbagai elemen, termasuk juga media online. Partisipasi media sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam agenda pembangunan daerah.

 

“Peran pers sangat strategis dalam pembangunan daerah. Pers memiliki fungsi untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan meminta pemerintah untuk bersikap adil dan tidak berat sebelah. Tetapi pers juga meminta kepada pemerintah untuk tidak mengesampingkan peran Pers sebagai kontrol terhadap jalannya roda pemerintahan,”.

 

Intinya, media massa juga tidak harus selalu menyusu kepada pemerintah. Media juga harus mampu membangun opini publik. Sehingga Pemerintah Daerah segera tanggap terhadap persoalan publik. Selama ini Pers juga sering mendapat perlakuan yang beragam dari pemerintah. Dengna adanya undang-undang keterbukaan informasi publik (KIP), dan undang-undang pers itu menandakan adanya kebebasan pers.

 

“Wartawan itu menginginkan kemudahan untuk mendapatkan informasi. Terkadang pemerintah daerah masih rendah tingkat keterbukaan informasinya,”

 

Semoga dengan adanya diskusi ini dapat membuka mata dan telinga kita bersama. Dengan terciptanya sinergisitas maka akan ada saling ketergantungan. Pers berharap pembangunan Kabupaten Musi Rawas kedepan akan menjadi lebih baik sesuai yang pemerintah inginkan dan masyarajat harapkan. (AC).

Bagikan :
Kategori: Uncategorized
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Camat Lakitan Bersama Media Online Sharing Bareng Jalin Sinergisitas"