“Bisnis Kuras APBD” PUBM Musirawas Bikin DED tanpa lokasi?

Spread the love

Musirawas – Otorisasi anggaran yang sudah ditetapkan untuk suatu SKPD menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja kegiatan. Otorisasi anggaran SKPD ini, diduga membuka peluang “bisnis baru kuras APBD” tanpa kontrol bagi oknum di Dinas PU Bina Marga Musi Rawas dengan pengusaha/pemilik CV.

Dinas PUBM Musirawas ditahun 2019 menganggarkan dana sebesar Rp.383 juta, untuk DED Jembatan beton bentang < 25 meter tanpa lokasi. Pembuatan dokumen perencanaan dilakukan Konsultan melalui Perusahaan CV. Bagaskara Engeneering, selaku Pemenang tender (Rekanan).

Menurut salahsatu sumber yang juga seorang Tim Teknis berpengalaman, tidak ingin dipublikasikan namanya mengatakan Biaya DED, ratusan juta itu adalah pemborosan dan tak masuk akal. Dan informasi yang kami terima ” CV yang memenangkan kegiatan itu tak lain bawakan dari Dinas PUBM”, sebut sumber.

Secara umum dan teknis tidak ada masalah karena semua proyek yang diusung oleh pemerintah memerlukan studi kelayakan (Feasibility Study), sertifikasi, hingga desain detil konstruksi (Detail Engineering Design/DED).

“Tetapi Penganggaran DED tanpa lokasi yang jelas, itu “Keliru” alias menyalahi,” katanya.

Lanjutnya, untuk Jembatan beton dengan luas bentang < 25 meter, mestinya tanpa melalui Jasa konsutan. Ini bisa memberdayakan Tim House (tenaga teknis PU BM sendiri). Sebab secara teknis itu jembatan standar atau sekala kecil tanpa memakai pasangan tiang besi dibagian tengah jembatan, terang sumber.

Terkait persoalan penganggaran DED tahun 2019 “tanpa lokasi”, Firman, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saat ditemui dikantornya, Jum’at (28/2) untuk di Wawancarai sedang tidak berada ditempat. Dihubungi via telpon seluler juga tidak ada jawaban. (TIM)

Bagikan :
Kategori: Kabar Daerah, Musi Rawas
author
Media independent yang menyajikan berita-berita terkini melalui media online yang sesuai fakta dan berintegritas. Berita - berita unggulan untuk menjadi konsumsi masyarakat Indonesia .
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "“Bisnis Kuras APBD” PUBM Musirawas Bikin DED tanpa lokasi?"