Berkas Tidak Lengkap “Berkat Camat Selangit DD Bisa Cair”

Agustus 11, 2019
Spread the love

Musi Rawas – Seperttinya Kepala Desa Taba Rena Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas, tidak perlu repot
membuat surat pertanggungjawaban (SPJ) terkait penggunaan Dana Desa (DD) tahap Satu (I). Cukup bekerjasama dengan Camat maka pencairanpun dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Minggu (11/8).

Diduga Pencairan Dana Desa (DD) dari tahap I ke tahap II dapat dicairkan Kades Dahlan, walaupun tanpa kelengkapan berkas pada pelaksanaan DD tahap I. Pencairan tahap II tanpa hambatan dilakukan Kades Dahlan, diduga adanya kerjasama Dahlan dengan Camat Kecamatan Selangit, Rusana Mulawati pada pencairan DD ditahun 2019.

Dikatakan Ketua Forum Peduli Pembangunan dan Pendidikan (FP3), Hafiez Noeh menyebutkan ada persyaratan yang wajib dipatuhi oleh setiap desa untuk pencairan DD tahap 2.

Pertama, harus ada surat permohonan pencairan Dana Desa Tahap II. Kedua, peraturan desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Ketiga, nota kesepakatan BPD terhadap penetapan peraturan desa tentang APBDes tersebut.

Keempat, harus ada Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana Desa Tahap I Tahun 2019. Kelima, harus ada laporan Padat Karya Tunai (PKT) dan foto kegiatan bagi desa yang sudah melaksanakan kegiatan fisik. Keenam, mendapat rekomendasi camat setempat. Ketujuh, adanya laporan PMK.193/PMK.07/2018 Dana Desa Tahap I Tahun 2019.

Kedelapan, kwitansi Dana Desa Tahap II Tahun Anggaran 2019 (bermaterai). Kesembilan adanya berita acara verifikasi pencairan dari kecamatan. Kesepuluh harus ada foto copy KTP Kepala Desa dan Kaur Keuangan. Kesebelas, foto copy rekening giro desa dan terakhir foto copy NPWP desa, sebut Hafiez.

“Semua persyaratan diatas harus ditempuh oleh setiap desa sehingga Dana Desa bisa dicairkan. Untuk pencairan DD tahap I hanya sebesar 20 persen, sedangkan untuk tahap II jauh lebih besar dari tahap I yakni
Besaran Dana Desa Tahap II ini sebanyak 40 persen dari total anggaran Dana Desa dalam setahun,” katanya.

Tambah Hafiez, pemerintah saat ini mempermudah pencairan DD sepanjang ketentuan dan syarat sudah terpenuhi.

Sementara, Rusana Mulawati, Camat Kecamatan Selangit Kab Mura enggan memberikan keterangan ketika di konfirmasi melalui pesat whats-app terkait pencairan DD tanpa berkas yang lengkap.

Tidak jauh berbeda dengan Kepala Desa Selangit belum dapat dihubungi, karena dari informasi yang didapat dari masyarakat, Kades Dahlan sedang berada diluar daerah (sedang berkunjung ke pulau Jawa yakni Cirebon). (AC).

Bagikan :