Anggaran 4,7 M Untuk Apa? CSR Bantu Bikin Stadion Di Mura 9,5 M

September 4, 2019
Spread the love

Musi Rawas – Kabupaten Musi Rawas bakal miliki Stadion Olahraga bertarap internasional yang akan dibangun di area kawasan Agropolitan Center, Kecamatan Muara Beliti. Stadion rencananya akan dibangun diatas tanah hibah lebih kurang seluas 60 Hektar yang telah dipersiapkan jauh sebelumnya. Rabu (4/4).

Berdasar data yang dihimpun dilapangan, untuk pembangunan fisik Stadion Sepak Bola ini mendapat dana bantuan dari pihak perusahaan yakni dana CSR PT. Bukit Asam senilai Rp 9,5 milyar.

Menjadi pertanyaan publik, munculnya angka 4,7 Milyar dari anggaran APBD Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Musirawas tahun anggaran 2019. Yang proses tender sudah dilaksanakan dan diatur oleh ULP di Bagian Pembangunan Musi Rawas.

Dari 19 Perusahaan yang mengikuti proses tender diduga hanya Satu (1) Peserta yang melakukan Penawaran hingga dinyatakan sebagai Pemenang tender, yaitu dari CV. ALKI KARYA. Selain itu menguak bahwa Anggota Kelompok Kerja ULP duduk sebagai PPK.

Menurut masyarakat pemantau APBD MLM, Febri RB menilai terkait adanya Dua anggaran pembangunan untuk pembangunan Stadion ini harus jelas dan transparan.

“Anggaran 4,7 itu untuk pembangunan fisik atau untuk kegiatan yang manakah?”, tanya Febri.

Sebelum muncul polemik, sebaiknya masyarakat harus diberi penjelasan, apakah anggaran 4,7 Milyar itu untuk pembangunan stadion secara bertahap atau sudah pematangan pembangunan utama stadion.

Kalau bertahap berarti anggaran 4,7 Milyar tersebut hanya untuk land clearing pembangunan stadion, yakni pemerataan dan pengangkatan struktur tanah saja, bukan pembangunan utama stadion, ujar Febri.

“Selain itu apakah boleh atau ada aturannya, Anggota Kelompok Kerja ULP menjabat sebagai PPK,” Sindirnya. (Camiel)

Bagikan :